Berita

Buat Aplikasi Pramuka, Kwarcab Maros ingin Data Kepramukaan Terintegrasi

Maros – Diresmikan langsung oleh Ketua Kwarcab Maros pada perhelatan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) 2021 Gerakan Pramuka Maros, aplikasi Sistem Informasi Kepramukaan Maros (SIKMA) merupakan salah satu program prioritas yang diharapkan mampu menampung dan mengelola database seluruh anggota pramuka di Kab. Maros secara daring.

Sampai saat ini (05/02/22), 785 anggota pramuka telah mendaftarkan diri ke dalam SIKMA dari total estimasi 20 ribu anggota pramuka aktif di Kab. Maros.

Menurut Ketua Pokja SIKMA, Kak Ardiansyah Hasbi, SIKMA juga nantinya akan diintegrasikan dengan penerbitan Kartu Tanda Anggota Pramuka (KTA).

SIKMA adalah sebuah sistem informasi yang mengintegrasikan data keanggotaan, data satuan organisasi dan asset, data kegiatan, data akreditasi gudep, dan data penghargaan anggota Gerakan Pramuka Maros. Setiap anggota pramuka yang telah mendaftar pada aplikasi, akan diverifikasi oleh admin yang berada di tingkatan ranting, pangkalan saka hingga gugusdepan, dan akan langsung mendapatkan nomor anggota. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarcab Maros juga nantinya akan melalui SIKMA, pengajuan tanda penghargaan juga.

“Nantinya updating data secara otomatis akan masuk ke riwayat kepramukaan setiap anggota,” tambahnya.

Related Articles

Back to top button